Jumat, 04 September 2009

Hallo Bos, Pak, Om, Mas, dan temem temen lainnya.
Baru kali ini bisa nulis lagi setelah lama nggak nulis. Nggak sempat. Kita dikejar jadwal kirim terus. Jadi kalau mo nilis jadi nggak sempat.
Kita cuma mo berbagi kisah/cerita tentang, ...ya mungkin saja kita punya persamaan dalam berbagai hal. Tapi yang terutama masalah seputar genset. terutama masalah ENCLOSURE.
Gimana nggak ? orang kita geraknya diseputar genset, ya nggak bos?

Wesgen yang pada mulanya adalah buangan orang orang yang kepake dibidang genset. Taruhlah diberbagai bengkel perkopelan genset, yang notabene orang orang lama dan menguasai dibidangnya masing masing.

Banyak hal yang masih disempurnakan dalam perakitan enclosure sehingga kualitas yang dihasilkan minimal mendekati hasil yang diperoleh dari kualitas enclosure bulit up. Kenapa kita komperkan dengan enclosure built up? Karena standar built up itu yang kita kejar. Baik suara ,desible , tingkat kebisingan, meskipun tingkat kebisingan nilainya adalah linear dengan ongkos pengerjaan, namun hal itu adalah faktor yang cukup membuat nilai dalam hasil pengerjaan enclosure. Kemudian faktor yang diperhatikan lainnya adalah suhu dalam enclosure, karena kalau terlalu panas suhu dalam enclosure, secara otomatis engine akan mati. dan hal itu tidak ingin itu terjadi. bagaimanapun juga overheat adalah salah satu momok dalam perakitan enclosure. Dan hal tersebut jadi salah satu tolak ukur keberhasilan perakitan enclosure.
Bengkel besar bukanlah jaminan dalam hal penanganan panas suhu ruangan. kunci memahami aliran udara dan sirkulasi didalamnya sangat menentukan dalam keberhasilan pengerjaan.
Sering kita menjumpai engine dengan enclosure dalam pengopersiannya masih diikuti overheat pada engine yang rata rata masalahnya cukup klise bagi kita, yaitu sirkulasi udara dalam enclosure.
Pada enclosure yang baik, seharusnya udara dapat membilas dari belakang/generator, sampai ke depan untuk dihisap oleh kipas radiator. Penyebab masalah sangat beragam, namun ujung ujungnya cuman pengaturan sirkulasi/pembilasan udara panas untuk dibuang lewat kipas radiator dan digantikan udara segar/dingin untuk menggantikan angin panas yang keluar dari radiator.
Kasus yang lain kadang enclosurenya sudah benar, namun sirkulasi udara tempat enclosure itu ditempatkan yang tidak benar. sebagai contoh : dulu kita pernah repair engine yang selalu overheat. dihidupkan paling banter cuman 15 menit. setelah itu mati. Nggak mau hidup. Beberapa saat kemudian mau hidup terus mati lagi. Begitu seterusnya. Padahal itu mesin baru dan yang ngrakit enclosure bengkel enclosure yang punya nama. Setelah dicek ternyata sirkualsi udara dalam enclosure beres. Yang nggak beres justru sirkulasi dalam ruangan enclosure itu sendiri. Nah ketemu masalahnya. Setelah kita beri saran pada owner, dan kemudian dikerjakan kejadian overheat itu tidak pernah terjadi sampai sekarang. Beres.

Oke Bos, Pak, Om, Mas, dan temem temen lainnya, sampai disini dulu. Besok disambung lagi.
Mo berangkat ke bengkel..

2 komentar:

Hans mengatakan...

bos gensetq dinyalakan bentar mati lg, over heat (120 drjt) gimana solusinya? kaya'nya sirkulasi udara g jalan.gmn saya bisa menghubungi enclouser?

Wesgen Enclosure mengatakan...

Hallo bos Hans. Sori balesnya kelamaan (ngagak lama lagi kalo ini, koment udah ganti tahun...)
Mungkin dugaan bos Hans benar, mungkin juga salah.
Paling gampang coba pada saat genset hidup semua pintu dibuka dulu.
kalo pintu dibuka genset nggak mati berarti dugaan si bos bener...